7 TIPS MENJADI ORANG SUKSES



Siapa orang yang tidak ingin menjadi orang sukses,tentunya banyak sekali orang yang ingin menjadi sukses.Walaupun saya belum menjadi salah satu termasuk orang yang sukses,tetapi sesuai dengan pengalaman yang saya peroleh dari narasumber-narasumber yang sudah sukses dalam berkarir.Maka saya akan mensharing sedikit tips untuk anda agar dapat menjadi orang yang sukses di kemudian hari.
·         Sukses dari sesuatu hal yang kecil
Dari pengertian di atas sudah sangat jelas bahwa sukses dari sesuatu hal yang kecil.Sukses tidak harus dari sesuatu hal yang besar.Contohnya kita tidak perlu menanamkan saham yang besar untuk dapat menjadi orang yang sukses.
·         Jujur
Jujur adalah sebuah kunci utama agar anda bisa menjadi orang sukses nantinya.Maka alangkah baiknya mulai sejak dini tanamkanlah sifat jujur pada diri anda walaupun itu terkadang sangat sulit untuk dilakukan.
Wirausahawan yang tidak memiliki sifat kejujurandan disiplin pribadi tidak akan berhasil dalam mencapai tujuan dan cita-cita.Walaupun ada sebagian kecil wirausahawan yang berhasil dengan cara tidak jujur namun keberhasilan mereka itu sifatnya hanya sementara dan tidak tetap.Karena lambat laun masyarakat/konsumen akan mengetahui juga.
·         Kreatif dan Inovatif
Menurut wolfolk 1984 kreatifitas adalah kemampuan individu untuk menghasilkan sesuatu hasil yang baru atau hasil dari sesuatu pemecahan masalah.Jadi secara umum kreatifitas bisa diartikan kemampuan untuk membuat suatu kombinasi baru atau produk baru.Dapat juga kreatifitas bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang ada sebelumnya.

Adapun ciri-ciri orang berfikir kreatif antara lain :
1.Memiliki doronagn ingin tahu yang besar
2.Sering mengajukan pertanyaan yang baik
3.Sering banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah dan
4.Bebas dalam menyatakan suatu pendapat

Inovatif yaitu pengenalan hal-hal yang baru semisal komputer,remote tv,cd,atau handpone.
·         Manndiri
Pribadi mandiri ialah dia yang tau siapa dan apa dia itu.Jadi,dia adalah seorang manusia yang tahu apa yang dilakukannya,karena sadar apa yang akan dituju.Pribadi itu utuh dan tidak berantakan.Ia tahu menerima baik keunggulan dan kelemahannya.Ia menggunakan kemampuannya secara penuh.Ia pantang mundur,kendati ada kekurangan.Ia menerima dirinya sendiri dan orang lain apa adanya.Ia tidak berkelit menghadi sebuah kenyataan.Sebaliknya,ia berani to face the facts,Beradu dada dengan kenyataan.Jadi kemandirian merupakan perilaku yang aktifitasnya diarahkan kepada diri sendiri dan tidak mengharapkan pengarahan dari orang lain.
·         Realistis
Realistis berarti kenyataan.Berfikir secara realistis merupakan cara berfikir yang sesuai dengan akal sehat.Pola berfikir yang realistis akan mengembangkan seseorang menuju kesuksesan.Dengan melihat kenyataan yang ada,seseorang akan berfikir lebih maju,baik untuk memecahkan suatu masalah,berusaha untuk lebih baik ,intropeksi diri untuk menutupi kekurangan sehingga menimbulkan sikap optimis dan kemandirian.
·         Disiplin
Disiplin berasal dari bahasa inggris diciple yang berarti pengikut atau murid.Penyataan disiplin mempunyai arti latihan dan ketaatan kepada peraturan.
·         Komitmen tinggi
Seseorang bila ingin mencapai suatu kesuksesan harus memiliki kemampuan untuk memahami bisnis yang baik,sehinggi mereke mampu membuat komitmen yang lebih tinggi dari orang lain.Kemampuan pikiran dan kerja keras akan bermanfaat jika wirausahawan dapat memanfaatkan waktu yang tepat untuk meraih tujuan.
Komitmen tinggi yang di maksud adalah fokus pikiran di arahkan kepada tugas dan usahanya dengan selalu berupaya untuk memperoleh hasil yang maksimal.
·         Bekerja prestatif
Bekerja prestatif bagi seorang wirausaha adalah selalu berambisi ingin maju (ambition drive).Wirausahawan yang kerjanya secara prestatif memiliki kegemaran dan kegilaan pada pekerjaan usahanya atau bisnisnya.Di sini seorang wirausaha memiliki komitmen tinggi terhadap pekerjaannya atau tugasnya dan setiap saat pikirinnya tidak lepas dari usaha atau bisnisnya.

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat.




0 comments:

Post a Comment

7 TIPS MENJADI ORANG SUKSES